NEWS
Loading...

Sabtu, 06 Februari 2016


BeritaAFB - Tradisi imlek selalu di rayakan dari tahun ke tahun . Tak ayal perayaan imlek selalu lekat dengan berbagai tradisi dan mitos serta berbagai cerita yang mungkin dianggap takhayul buat sebagian orang dan dianggap hal yang benar adanya.

Berikut beberapa pantangan yang harus dilakukan warga China menjelang Tahun Baru dan maknanya seperti dilansir IB Times:

1. Tak boleh membersihkan rumah

Tiap rumah harus dibersihkan sebelum Tahun Baru datang. Karena dipercaya membersihkan rumah, bahkan paling sederhana seperti menyapu akan membawa nasib buruk pada setahun mendatangnya.

Bahkan semua alat pembersih rumah harus disingkirkan dan disembunyikan sebelum malam Tahun Baru agar keberuntungan tak ikut tersapu.

Meski membersihkan rumah masih diperbolehkan pada sehari pertama setelah Tahun Baru, disarankan sampah yang terkumpul tidak melewati pintu depan rumah. Pelanggaran terhadap hal ini biasanya akan membawa kematian pada salah seorang anggota keluarga.

2. Tak boleh bercerita tentang hantu

Menurut kepercayaan China, apa yang terjadi pada malam Tahun Baru akan menggambarkan apa yang terjadi sepanjang tahun berikutnya. Bahasa yang kasar atau kata-kata yang menunjukkan ketidakberuntungan adalah hak tabu terutama dalam satu hari usai Tahun Baru.

Karena kisah hantu-hantuan seringkali dikaitkan dengan kematian. Maka siapa pun dilarang untuk berbagi cerita tentang hantu, zombie, atau roh orang mati.

3. Tak boleh keramas

Meski disarankan untuk memotong rambut pada hari pertama Tahun Baru, dilarang mencuci rambut untuk meyakinkan bahwa keberuntungan tidak ikut hilang saat merayakan Tahun Baru Imlek.

4.  Tak jual beli buku

Toko buku harus ditutup pada Malam Tahun Baru, dan membeli buku juga dilarang. Alasannya karena buku dalam bahasa Kanton adalah homonim dengan kata kehilangan. Namun untungnya tak ada batasan untuk membaca saat perayaan Imlek.

5. Tak boleh membeli sepatu

Sama seperti buku, dalam bahasa Kanton, sepatu homonim dengan kata kesulitan.

6. Tak boleh menangis

Menangis adalah kegiatan lain yang dilarang saat Malam Tahun Baru. Bahkan para orang tua di larang untuk menghukum anak di hari pertama Tahun Baru.

7. Tak boleh duduk-duduk di kamar tidur

Menemui orang lain di kamar tidur saat Malam Tahun Baru akan membawa kesialan. Karenanya seluruh anggota keluarga berhias dan berkumpul di ruang tamu, bahkan para bayi, orang tua dan mereka yang sakit.

8. Tak boleh berhubungan dengan benda tajam

Menurut mitos kuno , Benda berujung tajam adalah pembawa roh jahat pada hari pertama Tahun Baru Imlek. Alasannya benda tajam bisa memotong keberuntungan.  Disarankan  menyimpan semua pisau dan gunting sehari sebelum perayaan.

9. Merah adalah warna yang baik

Warna merah terang pada baju dan dekorasi rumah sangat disarankan saat merayakan Tahun Baru. Bahkan anak-anak pun diberikan uang dalam amplop merah sebagai harapan dari orang tua mereka agar mereka tumbuh sehat dan bahagia di tahun mendatang.

10. Suara burung adalah hal yang baik

Orang atau sesuatu yang pertama ditemui saat merayakan Tahun Baru dipercaya menentukan seberapa beruntung Anda di tahun berikutnya. Mendengar suara burung bernyanyi dianggap sebagai hal yang membawa banyak keberuntungan, terutama dari burung berwarna  merah atau burung walet.

0 komentar:

Posting Komentar